Senin, 25 Agustus 2008

DALAM PANDANGAN KRISTEN KATOLIK : NABI MUHAMMAD MENGAGUMI YESUS DAN MURIDNYA BERDASARKAN PERSPEKTIF ALQUR’AN DAN HADIST



Apakah salah jika orang Kristen menyelidiki kitab suci Alqur’an dan Hadist?
Marilah kita simak isi kitab suci Alqur’an dan Hadist dalam pandangan KATOLIK.


Kesaksian Nabi Muhammad tentang Yesus bahwa Dia adalah Allah:

1. Isa itu Sesungguhnya Roh Allah dan Firmannya (Qs: 3:39, Qs. 3:45, Qs. 4:171 dan Qs. 21:91)

Ayat Pendukung :

“Hai Maryam! Sesungguhnya Allah menyampaikan berita gembira dengan sebuah Kata Cipta daripada-Nya, namanya Al Masih Isa bin Maryam, orang terhormat di dunia dan akhirat, termasuk orang-orang yang dekat dengan Allah (Al-Qur’an, 3:45.)
Penjelasan :
Allah menyampaikan Khabar gembira kepada Bunda Maria, bahwa ia akan mengandung bayi YESUS, nama diatas segala nama yang Mulia dan terhormat di dunia dan di Akhirat (Surga). Termasuk orang-orang yang dekat dengan Allah. (orang katolik percaya akan orang-orang yang Kudus yang hidupnya dekat dengan Allah antara lain : Murid-murid Yesus, Rasul, Santo-Santa dll. )

“Wallatii ahshanat farjahaa fa nafakhnaa fiihaa mir ruuhinaa Wa ja’alnaahaa wabnahaa ayatal lil ‘aalamiin” (Qs. 21 Al Anbiyaa 91)
Artinya :
“Ingatlah kisah seorang perempuan yang memelihara kehormatannya (Maryam) lalu kami tiupkan kepadanya Roh Kami (Roh Allah) dan kami jadikan dia dan anaknya tanda (kuasa Allah) bagi semesta alam”.
Penjelasan :
Menurut iman katolik : Perempuan yang memelihara kesuciannya yaitu (Bunda Maria), Maria mengandung dari Roh Kudus, dan Anaknya (Yesus) menjadi tanda kuasa Allah bagi Alam Semesta.

Tersurat di Hadits riwayat Anas Ibnu malik:
“Isa fainnahu Ruhullahi wakalimatuhu”,
Artinya :
“Isa itu Roh Allah Dan Kalimatnya”. (Kitab 2002 Mutiara Hadits halaman 356-357).
Penjelasannya :
Menurut iman katolik : Yesus adalah (Roh Allah=Allah Sendiri) dan Kalimatnya ( Firman yang hidup)


2. Yesus Wafat Disalib, Bangkit dan Naik Kesurga.

Ayat Pendukung :

“ Wa salaamu ‘alayya yauma wulittu, wa yauma amuutu, wa yauma ub’atsu hayaa.” (Qs. 19 Maryam 33-34)
Artinya :
“Dan sejahtera atasnya pada hari ia dilahirkan, pada hari dia wafat, dan pada hari dia dibangkitkan kembali.”
Penjelasan : Pada Qs.19 Maryam 33 mengadung urutan yaitu: Lahir, Wafat, dan bangkit kembali. Kata bangkit akan berlaku jika ada kematiannya yaitu : melalui kisah penyaliban.


ISA ALMASIH Berkata : “ Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (Mengatakannya) yaitu:”Sembalah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka selama aku bersama mereka. Maka setelah engkau wafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkau maha menyaksikan atas segala sesuatu. (Qs. Al-Maidah:117).


Nabi Muhammad Bersaksi Tentang Alkitab Bahwa : Taurat dan Injil (Alkitab) adalah Firman Tuhan

- Alkitab adalah kebenaran………. (Qs. 2 : 176)
- Alkitab adalah bacaan yang benar………(Qs. 2 : 121)
- Alkitab adalah kitab-kitab yang lurus…….(Qs. 98 : 3-4)
- Alkitab adalah Al Furqaan yang membedakan salah dan benar….(Qs. 3:3-4)
- Alkitab adalah kitab yang memberi penjelasan sempurna……(Qs. 15:1)

Penjelasan :
Dalam Alkitab : ( Yesus dan Hukum Taurat )
( Luk 17 – 19, Yesus bersabda : “ Jangalah kamu menyangka, bahwa aku datang untuk meniadakan hukum taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya )
Menurut Iman Katolik Hukum Taurat (10 perintah Allah Antara lain : Sembahlah Tuhanmu, Jangan menyebut nama Tuhan dengan tidak hormat, Hormatilah Ayah Ibumu, Jangan membunuh, jangan Berzinah, Jangan berdusta, Jangan mencuri, Jangan merampas milik orang lain, dll), Dan Ajaran Yesus yang paling Utama : “ Perintah untuk saling Mengasihi “

“ Qul, yaa ahlai kitaabi lastum’alaa syalin hat-taa tuqimut-tauraata wal injil la….” (Qs. Al maaidah 68 )
Artinya :
“Katakanlah hai ahli kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat dan Injil”.
Penjelasan :
Perintah dalam Alqur’an : Jika kamu tidak menegakkan ajaran-ajaran Taurat dan Injil (Alkitab), maka kamu tidak dipandang sedikitpun beragama.

“ Wa laqad sataina musa’kitaaba falaa takun fii miryatim mil liqaa-ihii wa ja’alnaahu hudal libanii israa-iil …..” (Qs. As Sajdah 23)
Artinya :
“ Dan sesungguhnya telah kami berikan kepada Musa (Taurat), maka janganlah kamu (Muhammad) ragu-ragu menerimanya dan kami jadikan ALKITAB itu petunjuk bagi bani Israil.
Penjelasan menurut pandangan Katolik:
Alqur’an mengatakan bahwa : Nabi Muhammad janganlah Kamu ragu-ragu menerima kebenaran dalam Taurat dan Injil sebagai petunjuk hidup.


Nabi Muhammad Bersaksi Bahwa Yesus KUDUS dari Allah.

“Qaala innamaa ana rasuulu rabbika il ahaba laka ghulaama zakiaa”
Artinya :
“ Malaikat (jibril) berkata, “Aku hanyalah utusan Tuhanmu untuk memberikan kepadamu
seorang anak laki- laki yang suci” (Surah 19:19)..
Penjelasan :
Perkataan Arab untuk "suci" yaitu zakiyya, menunjukkan bahwa Isa Al-Masih (Yesus) sepenuhnya tanpa dosa.


Nabi Muhammad Bersaksi bahwa Yesus Penuh Dengan Kasih Allah.

Ketika Isa Almasih menghidupkan orang Mati, Menyembuhkan orang yang berpenyakit sopak sejak lahirnya, menurunkan makanan dari langit untuk beribu-ribu orang, dan masih banyak lagi mukjizat yang termaktub dalam Alqur’an.


Nabi Muhammad Bersaksi tentang Kedatangan Yesus Pada Hari Kiamat.

- “ Sesungguhnya Isa itu memberitahukan hari kiamat….. “ (Az Zukhruf:61)

- “ Demi Allah, sesungguhnya akan Turun ISA putra Maryam selaku HAKIM YANG ADIL…” (Hadist Shohih Muslim Jilid I).

Menurut Pandangan Katolik : “ Dari situ (Yesus) akan datang mengadili Orang Hidup dan dan yang Mati “.

Nabi Muhammad menaikkan derajat bagi pengikut Yesus .

“Idz qaalallahu yaa Isa, innii mutawafika, wa raafi’uka ilayya, wa muthahhiruka minal ladzinaa kafaruu, wa jaa’ilul ladzina tabauka fauqal ladzina kafaruu ilaa yaumil qiyamati.” (Qs. 3 Ali Imran 55).
Artinya :
“ Ingatlah takkala Allah berfirman: Hai Isa, sesungguhnya Aku akan mewafatkanmu, dan mengangkatmu kepadaku, dan akan menyucikan engkau dari orang-orang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikutimu diatas mereka yang kafir hingga hari kiamat.

Alqur’an mengatakan bahwa :
Pengikut Isa (yesus) diatas mereka dari orang-orang yang kafir hingga hari kiamat…

Nabi Muhammad bersahabat dengan orang Nasrani.

Qs. 5:82………. Orang Nasrani sahabat dekat orang Islam.

Tanggapan menurut pandangan Katolik : Agama Kristen Katolik sudah membukakan hati dan terbuka kepada semua orang, menghormati keyakinan agama lain, dan kami tentu tidak tinggal diam untuk mengenalkan dan memberitakan khabar gembira tentang Yesus Kristus adalah mesias dan anak Allah, sebagai penebus dosa bagi manusia walaupun mereka menerimanya dengan pemahaman yang berbeda.

Nabi Muhammad Menyerahkan Nyawanya Kepada Yesus.

“ Nyawa-Ku di tangan Dia anak Maryam (Hadist Mutiara Jilid III)

Menurut Pandangan Katolik : Nabi Muhammad sangat mencintai Yesus sampai Ia menyerahkan nyawanya, sebab Nabi Muhammad tidak ingin dirinya binasa melainkan ingin memperoleh hidup yang kekal dan bahagia di surga bersama dengan Tuhan Yesus.

Kesimpulan : Mengapa kita mesti ragu-ragu menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat Kita. Tuhan Yesus adalah Allah yang Hidup dan telah hadir ditengah-tengah kita. Dia yang turun dari Surga untuk kita sebagai tanda kasih Bapa.

Injil Yoh 3 : 16 : “ Karena begitu kasih Allah akan dunia ini, sehingga ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. “

Kita percaya bahwa Allah telah turun ke dunia dalam rupa hamba, yang penuh dengan kerendahan hati. Yesus yang lahir di dalam palungan (kandang domba) dan Mati di Kayu salib, keduanya menunjukkan kerendahan dan kemiskinan tiada taranya. Yesus yang terhina kini menjadi Yesus yang termulia dengan KebangkitanNya dan KenaikanNya ke Surga.


Dari berbagai sumber

"Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala2 dan
layanilah Tuhan" (Rom 12:11)